Bangga Siswi Sekolah Penggerak SDI Mbuli Lo’o Tampilkan Projek Pelajar Pancasila Lewat Karya Tenun Ikat, Kadis Mensi Tiwe: “Sebagai Kota Pancasila, Saatnya Membumikan Ende Berbudaya!”

ENDE, PADMAIndonesia.id– Visi Besar yang didukung dengan Misi yang nyata di bidang Pendidikan menuju “Ende Pintar, Ende Juara, Ende Berbudaya” tidak hanya sekadar wacana tanpa bukti nyata.

“Transformasi di bidang Pendidikan terus bergerak maju, seiring tuntutan Kurikulum Merdeka secara Nasional. Tentu itu tidak mudah. Namun berkat komitmen, kolaborasi, dan kerja keras semua pihak dari setiap satuan pendidikan, kini kami mulai menikmati buah (hasil, red) dari setiap proses yang kami perjuangkan bersama.”

Demikian hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dinas P dan K) Kabupaten Ende, Mathildis Mensi Tiwe, dalam acara Pagelaran/Perayaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang berlangsung di Sekolah Dasar Inpres (SDI) Mbuli Lo’o, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, NTT, Sabtu (7/1/2023).

Di hadapan Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad dan segenap Pimpinan OPD yang hadir pada acara tersebut, Kadis Mensi menerangkan bahwa sejak tahun 2020, di tengah situasi Pandemi Covid-19 dan tuntutan perubahan Kurikulum Merdeka secara nasional, ia menyadari bahwa tanggung jawab besar yang diembannya dalam memajukan Pendidikan di Kabupaten Ende didukung oleh komitmen kuat Bapak Bupati dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar.

“Berkat dukungan dan Komitmen Bapak Bupati, kami terus berjuang melalui kolaborasi, kerjasama dan komitmen bersama dengan terus mendorong inovasi dan kreativitas di setiap satuan pendidikan,” terang Kadis Mensi.

Kadis Mensi mengaku bangga atas apa yang ditampilkan oleh SDI Mbuli Lo’o sebagai salah satu role project dari tiga Sekolah Penggerak di Kecamatan Wolowaru.

“Dengan nada bangga dan optimis, saya harus mengatakan bahwa tahun 2023 merupakan tahun panen. Dalam nuansa kompetensi, 333 SD dan 92 SMP siap memamerkan hasil karya mereka sebagai wujud tranformasi; buah dari Merdeka Belajar. Spirit utama kita yakni mewujudkan Misi Bersama menuju “Ende Pintar, Ende Juara, Ende Berbudaya,” imbuh Kadis Mensi disambut applaus dari para hadirin.

Kadis Penggerak

Sementara dalam sapaan awal, Kepala Sekolah (Kepsek) SDI Mbuli Lo’o, Arifin Rego menegaskan bahwa setiap Sekolah dan Guru Penggerak di Kabupaten Ense selalu siap bersaing karena sudah berhasil lolos dari proses seleksi yang sangat ketat.

Dengan lantang Kepsek Arifin mengapresiasi komitmen dan kerja keras Kadis P dan K, yang selalu mendorong, mendukung, memotivasi dan berkomitmen memajukan Pendidikan di Kabupaten Ende dengan spirit Kolaborasi.

“Pada kesempatan ini, secara jujur saya mengatakan bahwa setelah hampir 26 tahun mengabdi di dunia pendidikan, saya baru merasakan kontribusi riil dan peran vital seorang Kadis Perempuan yang saya sebut sebagai Kadis Penggerak,” ungkap Kepsek Arifin yang spontan disambut Bupati Djafar dengan pernyataan: “Saya tidak salah memilih (Kadis, red)” sehingga langsung disambut tepuk tangan para hadirin.

Pada akhir sapaannya, Kepsek Arifin mengatakan bahwa salah satu variabel dari Projek Profil Pelajar Pancasila yang dihasilkan oleh para siswa-siswi SDI Mbuli Lo’o berangkat dari potensi kearifan lokal yakni singkong dan tenun yang diramu dalam tagline: “Krupuk Singkongku, Lawo Kekayaanku.”

Hasil karya tersebut ditampilkan melalui tayangan slide (audio-visual) sehingga mengundang decak kagum Bupati Djafar, Kadis Mensi, para Pimpinan OPD dan segenap hadirin.

Disaksikan media ini, hadir pada acara tersebut Bupati Ende Djafar Achmad, Kadis Mensi Tiwe, para Pimpinan Pimpinan OPD, Camat Wolowaru, Kapolsek Wolowaru, Danramil 1602-02 Wolowaru, Pengawas, Fasilitator, para Kepala Sekolah dan Guru Penggerak, Pemerintah Desa, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Orang Tua murid, para peserta didik serta tamu undangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *